Membuat Database dengan phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah suatu aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP yang ditujukan untuk pengelolaan basis data MySQL melalui Internet. Proyek ini dimulai pada tahun 1998 oleh Tobias Ratschiller dan pada tahun 2001 diteruskan pengembangannya melalui SourceForge oleh Olivier Müller, Marc Delisle dan Loïc Chapeaux.

Untuk mengakses halaman phpmyadmin anda, buka Browser anda dan ketik di address bar : localhost/phpmyadmin

  1. Membuat Database
  2. Untuk membuat sebuah database di phpmyadmin, pastikan anda sudah berada di halaman phpmyadmin. Kemudian anda isi nama database yang ingin anda buat di textbox yang ada di samping combo / di atas tombol Create / Ciptakan dan klik tombol Create / Ciptakan.

    Pada contoh tadi, saya membuat sebuah database yang saya beri nama db_jual. berikut tampilan jika sukses.

  3. Membuat Tabel
  4. Untuk membuat sebuah table di database MySQL, pastika anda sudah memilih database dimana kita akan membuat table tersebut. Kemudian anda masukkan nama table yang akan anda buat di textbox name/nama kemudian isi jumlah kolom/field yang akan anda buat di table anda pada textbox Number of fields dan klik tombol Go. Untuk lebih jelas, silahkan liat gambar dibawah ini :

    Contohny untuk Tabel Barang ini, saya akan membuat 4 Buah field. Jika kita sudah menekan tombol Go, maka kita akan memasuki halaman baru, yaitu halaman dimana kita harus mendefinisikan kolom/field yang ada di table yang kita buat. Field yang harus anda masukkan adalah (kode_barang varchar(5) primary, nama_barang varchar(35), harga_barang float, stok_barang Int). Masukkan pendefinisian kolom dan klik Simpan / Save. Lihat contoh di bawah:

    Berikut adalah halaman jika table tersebut sudah kita buat.

    Untuk menginput data ke dalam table di phpmyadmin, sekali lagi pastikan anda ada di halaman struktur table seperti gambar dibawah. Klik Sisipkan / Insert untuk masuk ke halaman dimana kita akan menambah data ke dalam table.

    Isi data yang akan kita masukkan di kolom nilai / value. Jika hanya akan memasukkan 1 data saja, maka table yang bawahnya bisa anda abaikan saja dan langsung klik Go.
    Untuk melihat data yang tadi kita masukkan, klik Tab Browse.

15 Balasan ke Membuat Database dengan phpMyAdmin

  1. asep_IF06 mengatakan:

    pak saya lagi nyusun skripsi sekarang, dan saya agak keteteran nih di programnya. Terus saya di kasih tau sama tmen saya anak MI, kalau bapak bisa ngasih bimbingan program. Bisa ga pak bimbing saya sampai sidang dalam pembuatan programnya aja pak.sebenernya ada yang nawarin bikinin, cuma saya juga pengen bisa makanya saya pengen bapak bimbing saya dalam pembuatan programnya..mohon banget pak…Terima kasih sebelumnya

    • myownsite mengatakan:

      oke, saya bisa saja kalau untuk membimbing program anda dengan catatan programnya tetap anda sendiri yang buat, saya hanya memberikan tuntunan + tips dan trik agar programnya bisa beres tepat waktu dan fungsionalitasnya berjalan dengan semestinya.Kalau boleh tau skripsinya dekstop atau web? dan apa yang anda bahas?

  2. Endry mengatakan:

    pak kalo php biar update nya otomatis dan gax perlu di refresh???

  3. ifulk mengatakan:

    mau nanya, lw aq mau masuk ke phpmyadmin (localhost/phpmyadmin) ko ngak ada tampilannya.
    tolong penjelasannya

  4. awi mengatakan:

    pak,,
    saya mau buat database..
    tapi blom ngerti nie pak..
    tolong bantuan nya dong..
    kata nya lewat localhost,tapi gak kluar slalu error.
    mohon bantuan nya pak.
    please..

  5. Indra mengatakan:

    Tambah kan juga dong a’dani beckup data basenya sma import databasenya… ^^ (*numpang coment)

  6. randy mengatakan:

    pak saya lagi ngerjai skripsi ni tapi agak bingung mengenai database ane lihat dari comment dia ats byak yang sudah terbantu ane mau juga donk bisa gak ya kira2…

    • myownsite mengatakan:

      silahkan saja ajukan pertanyaan, jika saya tahu pasti saya kasih tahu, paling tidak saya beri tahu tempat / link buat belajar lebih jelasnya.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

